Thursday, March 7, 2013

Hubungan Internasional



1.    Jelaskan perbedaan perwakilan diplomatik dan perwakilan konsuler
  Perwakilan Diplomatik
•   Memelihara kepentingan negaranya melalui hubungan tingkat pejabat pusat
•   Berhak membuat hubungan politik
•   Mempunyai hak ekstrateritorial,
•   Satu negara satu perwakilan saja
•   Hak immunitasnya penuh
•   Surat penugasan ditandatangani oleh kepala negara
Perwakilan Konsuler
•   Memelihara kepentingan negaranya melalui hubungan tingkat daerah
•   Bersifat non politik
•   Tidak mempunyai hak ekstrateritorial

2.    Jelaskan tingkat perwakilan diplomatik
·         Duta Besar (ambassador, pro-nuntius)
Duta besar  merupakan duta yang berada di tingkatan tertinggi dan epunyai kekuasaan penuh dan luar biasa dan biasanya ditepatkan di negara negara yang banyak menjalin hubungan timbal balik.
·         Duta (envoy, internuntius),dan
Adalah wakil diplomatik yang pangkatnya lebih rendah dari duta besar, dalam menyelesaikan segala persoalan kedu negara dia diharuskan berkonsultasi dengan pemerintahnya.
·         Kuasa Usaha (charge d’affaires)
Kuasa usaha yang tidak diperbantukan kepada kepala negara dapat dibedakan atas Kuasa usaha tetap menjabat kepala dari suatu perwakilan. Kuasa usaha sementara yang melaksanakan pekerjaan dari kepala perwakilan ketika pejabat ini belum atau tidak ada ditempat




3.    Kemukakan 5 tugas perwakilan diplomatik
a)    Mewakili negara pengirim di negara penerima. (representasi)
b)    Melindungi kepentingan negara pengirim dan kepentingan warga negaranya di negara penerima dalam batas-batas yang diperkenankan oleh hukum internasional. (proteksi)
c)    Melakukan perundingan dengan pemerintah negara penerima. (Negosiasi)
d)    Memperoleh kepastian dengan semua cara yang sah tentang keadaan dan perkembangan negara penerima dan melaporkannya kepada negara pengirim.
e)    Meningkatkan hubungan persahabatan antara dua negara serta mengembangkan hubungan ekonomi, kebudayaan dan ilmu pengetahuan

4.    Kemukakan 5 tugas perwakilan konsuler
a.    Melindungi kepentingan negara pengirim dan warga negaranya didalam negara penerima di dalam batas – batas yang diizinkan oleh hukum internasional,
b.    Memajukan pembangunan hubungan dagang, ekonomi, kebudayaan, dan ilmiah antar kedua negara,
c.    Mengeluarkan paspor dan dokumen yang pantas untuk orang yang ingin pergi ke negara pengirim,
d.    Bertindak sebagai notaris dan pencatat sipil serta melakukan peraturan perundang – undangan negara penerima

5.    Jelaskan arti organisasi Internasional dan berikan 3 contoh Organiasi Internasional
·         Organisasi internasional adalah suatu bentuk dari gabungan beberapa negara atau bentuk unit fungsi yang memiliki tujuan bersama mencapai persetujuan yang juga merupakan isi dari perjanjian atau charter.
·         PBB
·         NATO
·         ASEAN

6.    Jelaskan minimal 3 tujuan dan peran PBB bagi negara” di dunia
·         PBB mengambil tindakan tegas dalam masalah dekolonialisasi dengan mendesak kepada pemerintah koloni, jika perlu dengan tindakan paksaan melalui Dewan Keamanan PBB.
·         Sikap PBB terhadap politik "Appartheid" di Afrika Selatan yang menganggap politik tersebut merupakan kejahatan kemanusiaan.
·         PBB berusaha mengumpulkan para pemuda di seluruh dunia dalam suatu wadah "World Youth Assembly" dengan harapan mereka menjadi penerus yang baik dalam usaha mempertahankan perdamaian dunia.
·         PBB juga menyadari pentingnya penanggulangan peledakan penduduk yang menyebabkan kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.
TUJUAN
a.    Memelihara perdamaian dan keamanan internasional
b.    Memajukan hubungan persahabatan antar bangsa berdasarkan persamaan derajat dan tidak saling mencampuri urusan dalam negeri Negara masing-masing
c.    Mewujudkan kerjasama internasional dalam memecahkan masalah internasional di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan kemanusiaan
d.    Menjadikan PBB sebagai pusat usaha/kegaiatan untuk mewujudkan tujuan bersama. Tujuan PBB tidak terlepas dari asas yang mendasari berdirinya organisasi tersebut.

7.    Jelaskan minimal 3 peran Indonesia terhadap ASEAN

Peranan Asean dalam Ekonomi
Indonesia menjadi tempat pembuatan pupuk se-ASEAN, tepatnya di Aceh yg nantinya akan digunakan negara-negara ASEAN, otomatis Indonesia mendapatkan keuntungan dan juga bisa mengurangi pengangguran di indonesia

*Peranan ASEAN dalam bidang politik
Dengan Indonesia mengikuti kerjasama regional seperti ini maka akan lebih dihormati negara lain, seperti halnya kerjasama regional yg di eropa ataupun timur tengah, lebih-lebih kalau ASEAN kuat di mata Internasional (sayangnya di Internasional ASEAN kurang dipandang)


*Peranan dalam bidang Pariwisata
Dalam pariwisata negara ASEAN sangat subur, terutama Singapura, Thailand, Malaysia dan Indonesia.... dan rata-rata pengunjung pariwisata di negara ASEAN adalah warga negara anggota ASEAN lainnya, contohnya Jogja yg rata-rata touristnya adalah tourist malaysia, begitu jg dg Singapura yg rata-rata touristnya adalah org Indonesia dan Malaysia.

*Peranan ASEAN dalam bidang Pertahanan dan Keamanan
AL-TNI sering melakukan latihan bersama dengan Singapura sehingga akan membuktikan pada dunia bahwa militer Indonesia masih kuat,.... dan Indonesiapun melakukan perjanjian Ekstradisi di semua negara ASEAN, walaupun agak lama untuk mendekati Singapura....


*Peranan dalam bidang pendidikan, Sosial dan Budaya
Indonesia sering melakukan pertukaran mahasiswa dengan negara ASEAN lainnya seperti Singapura dan Malaysia,

8.    Jelaskan minimal 3 tujuan & peran ASEAN bagi Indonesia
·          indonesia mampu meningkatkan daya saing perdagangan antar kawasan
·         negara di kawasan asean mampu memberi bantuan ke indonesia juga indonesia sedang dalam masalah
·         mempererat persahabatan antar negara

9.    Jelaskan manfaat organisasi Internasioanl dalam meningkatkan HI
mempererat hubungan antar negara yang tergabung di dalamnya dengan membentuk berbagai kerjasama di berbagai bidang, misalnya pelatihan militer bersama, perjanjian ekstradisi buronan yang tertangkap, perjanjian investasi modal,dll

No comments:

Post a Comment